Senin, 05 Februari 2018

Pembelajar Seumur Hidup

Pembelajar Seumur Hidup


Sering kita dengar ungkapan, sarjana siap pakai." Ungkapan ini mungkin ada benarnya. Namun, pada era digital seperti saat ini, ungkapan ini sudah kedaluwarsa. Tidak tepat kalau kita mengatakan bahwa kampus harus mencetak sarjana yang siap pakai.
Menurut penulis yang benar adalah sekolah atau kampus harus menghasilkan sarjana mampu menjadi pembelajar seumur hidup. Maksudnya? Seorang sarjana, harus terus belajar dan bertumbuh. Karena dunia pendidikan selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman.  
Demikian juga seorang guru, semestinya bukanlah hanya sekedar pengajar tapi juga sebagai pembelajar. Guru tidak boleh puas dengan pengetahuan yang dimiliki. Guru harus mampu mengembangkan terus pengetahuan yang selalu mengalami perkembangan. Sehingga guru senantiasa mampu memberikan pencerahan pada anak didik.  

Belajar tidak harus kembali ke sekolah atau kampus. Ada banyak sumber informasi yang dapat diakses. Sumber informasi ini bisa berupa buku, majalah, surat kabar, kaset ceramah, video, seminar, lokakarya, atau pun melalui internet. 

Tidak ada komentar:

PENGEMBANGAN TUJUAN DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013

  Pendahuluan Sistem pendidikan nasional telah berkali-kali mengadakan perubahan. Perubahan yang paling esensi dalam sistem pendidikan...