Teknik Pembuatan Daftar Isi
Daftar
isi membuat penyusunan karya ilmiah menjadi lebih mudah dan lebih rapi karena materi
disusun dengan sistematis. Mengingat pentingnya sebuah daftar isi dalam penulisan
sebuah karya ilmiah tentu penulisannya harus jelas dan informatif. Dengan begitu
pembaca tidak akan kesulitan dalam memahami dan mencari informasi yang dibahas di
dalam karya ilmiah.
Daftar
isi pada hakikatnya memuat seluruh judul bab dan subbab yang ada dalam naskah.[1] Sehingga memudahkan pembaca
untuk mencari secara langsung suatu bab, subbab tertentu. Di dalam daftar isi dicantumkan
urutan judul bab, subbab dan anak subbab serta nomor halaman.[2] Hanya huruf pertama dari
judul bab dan judul subbab ditulis dengan huruf kapital.[3]
Nomor-nomor
untuk halaman awal sebelum BAB I digunakan angka Romawi kecil (i, ii, iii dan seterusnya).
Sedangkan dari halaman pertama BAB I sampai halaman terakhir dari karya tulis ilmiah
digunakan angka Arab (1, 2, 3 dan seterusnya).[4]
Untuk
memudahkan navigasi dokumen yang cukup panjang, Word memfasilitasi pembuatan daftar
isi secara otomatis. Daftar isi menggambarkan kerangka/sistematika dokumen, biasanya
merupakan daftar yang memuat dua atau tiga level heading yang tertinggi, dengan
nomor halaman yang memudahkan pembaca untuk mencar dan menuju secara langsung kepada
heading tersebut.
Word
membuat daftar isi berdasar pada pragraph styles. Jika kita menggunakan Style
Heading 1 sampai Heading 9 sudah tersedia dalam Word, kita dapat segera
membuat daftar isinya. Jika kita menggunakan Heading (atau apabila kita ingin
membuat dafta isi dari paragraf, bukan dari Heading), kita perlu melakukan
pengaturan daftar isi tersebut.
Adapun
langkah-langkah untuk membuat daftar isi adalah sebagai berikut:[5]
a. Tempatkan
insertion point dimana kita hendak meletakkan daftar isi, biasanya di awal
dokumen.
b. Pilih
References ½ Table of Contents ½ Table of Contents, kemudian
dilakuksan salah satu langkah berikut:
·
Pilih built-in style daftar
isi dari panel Table Of Contents. Word menyisipkan daftar isi dan menerapkan
format yang ada pada style tersebut.
·
Pilih Insert Table Of Contents
dari panel Table Of Contents. Word menampilkan kotak dialog Table of Contents
dengan tab Table Of Contents berada paling depan.
·
Perhatikan gambar berikut:
Gambar 1 Kotak Dialog Table
Of Contents
c. Di dalam
daftar menu drop-down format, pilih format yang kita sukai. Pilihan yang
disediakan adalah from template (menggunakan style TOC 1 sampai
TOC 9). Classic, Distinctive, dsb.
d. Di dalam
list box Show Levels, tentukan jumlah level Heading yang disertakan.
Kita dapat menentukan hanya 1 level sampai dengan 9 level.
e. Pilih
apakah menyertakan nomor halaman dan bagaimana tata-letaknya.
f. Pilih
check box use Hyperlinks Instead Of Page apabila kita ingin versi web dari
daftar isi menyediakan link di samping nomor halaman. Terkadang hyperlink lebih
bermanfaat daripada nomor halaman.
g. Klik
pada tombol Options. Word menampilkan kotak dialog Table Of Contents Options
seperti pada gambar di bawah ini
Gambar 2 Kotak Dialog Table
Of Contents Options
·
Pastikan check box Style terpilih.
·
Gunakan kotak TOC Level pada list
box Avalable Styles untuk menentukan style mana yang digunakan untuk membuat
daftar isi dan levelnya berapa.
·
Klik tombol OK. Word menutup kotak
dialog Table Of Contents Option dan kembali ke kotak dialog Table Of Contents.
h. Klik
pada tombol OK. Word menutup kotak dialog Table Of Contents dan menyisipkan
daftar isi pada posisi insertion point.
Sedangkan
untuk mengupdate daftar isi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Klik
pada daftar isi yang sudah ada dan menampilkan blok yang melingkupinya sebagaimana
gambar di bawah ini:
Gambar 3 Area Daftar Isi
b. Klik pada References
½ Table Of Contets
½ Update Table
pada ribbon Office di pojok kiri-atas. Word menampilkan kotak dialob Update Table
Of Contents sebagai berikut:
Gambar 4 Kotak Dialog Update
Table Of Contents
c. Pilih tombol Update
Page Number Only apabila kita tidak melakukan perubahan pada heading atau perubannya
hanya pada nomor halaman, sebaliknya pilih Update Entire Table apabila terjadi
perubahan pada heading dan nomor halamannya.
d. Klik tombol OK. Word menutup
kotak dialog Update Table Of Contents dan mengupdate daftar isi.
[1]Kristian Agung Prasetyo, Word 2013
Panduan Karya Tulis Ilmiah, (Jakarta: Alex Media Komputindo, 2015), hlm.
166.
[2]Ida Samidah dan Dahrizal, Pedoman
Penulisan Karya Ilmiah, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 23.
[3]Barnawi dan M. Arifin, Teknik Penulisan
Karya Ilmiah, (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2015), hlm. 183.
[4]Rameli Agam, Menulis Karya Ilmiah,
(Yogyakarta: Familia, 2013), hlm. 72.
[5]Aurino Rilman A. Djamaris, Cara Mudah
Penulisan Karya Ilmiah Dengan Microsoft Word 2010, (Jakarta: Universitas Bakrie, 2016),
hlm. 73.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar