Senin, 02 Juli 2018

Teknik Pembuatan Daftar Isi


Teknik Pembuatan Daftar Isi

Daftar isi membuat penyusunan karya ilmiah menjadi lebih mudah dan lebih rapi karena materi disusun dengan sistematis. Mengingat pentingnya sebuah daftar isi dalam penulisan sebuah karya ilmiah tentu penulisannya harus jelas dan informatif. Dengan begitu pembaca tidak akan kesulitan dalam memahami dan mencari informasi yang dibahas di dalam karya ilmiah.
Daftar isi pada hakikatnya memuat seluruh judul bab dan subbab yang ada dalam naskah.[1] Sehingga memudahkan pembaca untuk mencari secara langsung suatu bab, subbab tertentu. Di dalam daftar isi dicantumkan urutan judul bab, subbab dan anak subbab serta nomor halaman.[2] Hanya huruf pertama dari judul bab dan judul subbab ditulis dengan huruf kapital.[3]
Nomor-nomor untuk halaman awal sebelum BAB I digunakan angka Romawi kecil (i, ii, iii dan seterusnya). Sedangkan dari halaman pertama BAB I sampai halaman terakhir dari karya tulis ilmiah digunakan angka Arab (1, 2, 3 dan seterusnya).[4]
Untuk memudahkan navigasi dokumen yang cukup panjang, Word memfasilitasi pembuatan daftar isi secara otomatis. Daftar isi menggambarkan kerangka/sistematika dokumen, biasanya merupakan daftar yang memuat dua atau tiga level heading yang tertinggi, dengan nomor halaman yang memudahkan pembaca untuk mencar dan menuju secara langsung kepada heading tersebut.
Word membuat daftar isi berdasar pada pragraph styles. Jika kita menggunakan Style Heading 1 sampai Heading 9 sudah tersedia dalam Word, kita dapat segera membuat daftar isinya. Jika kita menggunakan Heading (atau apabila kita ingin membuat dafta isi dari paragraf, bukan dari Heading), kita perlu melakukan pengaturan daftar isi tersebut.
Adapun langkah-langkah untuk membuat daftar isi adalah sebagai berikut:[5]
a.       Tempatkan insertion point dimana kita hendak meletakkan daftar isi, biasanya di awal dokumen.
b.      Pilih References ½ Table of Contents ½ Table of Contents, kemudian dilakuksan salah satu langkah berikut:
·         Pilih built-in style daftar isi dari panel Table Of Contents. Word menyisipkan daftar isi dan menerapkan format yang ada pada style tersebut.
·         Pilih Insert Table Of Contents dari panel Table Of Contents. Word menampilkan kotak dialog Table of Contents dengan tab Table Of Contents berada paling depan.
·         Perhatikan gambar berikut:
Gambar 1 Kotak Dialog Table Of Contents
c.       Di dalam daftar menu drop-down format, pilih format yang kita sukai. Pilihan yang disediakan adalah from template (menggunakan style TOC 1 sampai TOC 9). Classic, Distinctive, dsb.
d.      Di dalam list box Show Levels, tentukan jumlah level Heading yang disertakan. Kita dapat menentukan hanya 1 level sampai dengan 9 level.
e.       Pilih apakah menyertakan nomor halaman dan bagaimana tata-letaknya.
f.       Pilih check box use Hyperlinks Instead Of Page apabila kita ingin versi web dari daftar isi menyediakan link di samping nomor halaman. Terkadang hyperlink lebih bermanfaat daripada nomor halaman.
g.      Klik pada tombol Options. Word menampilkan kotak dialog Table Of Contents Options seperti pada gambar di bawah ini


Gambar 2 Kotak Dialog Table Of Contents Options

·         Pastikan check box Style terpilih.
·         Gunakan kotak TOC Level pada list box Avalable Styles untuk menentukan style mana yang digunakan untuk membuat daftar isi dan levelnya berapa.
·         Klik tombol OK. Word menutup kotak dialog Table Of Contents Option dan kembali ke kotak dialog Table Of Contents.
h.      Klik pada tombol OK. Word menutup kotak dialog Table Of Contents dan menyisipkan daftar isi pada posisi insertion point.
Sedangkan untuk mengupdate daftar isi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Klik pada daftar isi yang sudah ada dan menampilkan blok yang melingkupinya sebagaimana gambar di bawah ini:

Gambar 3 Area Daftar Isi
b.      Klik pada References ½ Table Of Contets ½ Update Table pada ribbon Office di pojok kiri-atas. Word menampilkan kotak dialob Update Table Of Contents sebagai berikut:

Gambar 4 Kotak Dialog Update Table Of Contents
c.       Pilih tombol Update Page Number Only apabila kita tidak melakukan perubahan pada heading atau perubannya hanya pada nomor halaman, sebaliknya pilih Update Entire Table apabila terjadi perubahan pada heading dan nomor halamannya.
d.      Klik tombol OK. Word menutup kotak dialog Update Table Of Contents dan mengupdate daftar isi.




[1]Kristian Agung Prasetyo, Word 2013 Panduan Karya Tulis Ilmiah, (Jakarta: Alex Media Komputindo, 2015), hlm. 166.
[2]Ida Samidah dan Dahrizal, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 23.
[3]Barnawi dan M. Arifin, Teknik Penulisan Karya Ilmiah, (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2015), hlm. 183.
[4]Rameli Agam, Menulis Karya Ilmiah, (Yogyakarta: Familia, 2013), hlm. 72.
[5]Aurino Rilman A. Djamaris, Cara Mudah Penulisan Karya Ilmiah Dengan Microsoft Word 2010, (Jakarta: Universitas Bakrie, 2016), hlm. 73.

Tidak ada komentar:

PENGEMBANGAN TUJUAN DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013

  Pendahuluan Sistem pendidikan nasional telah berkali-kali mengadakan perubahan. Perubahan yang paling esensi dalam sistem pendidikan...